Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.975 views

Ibrah: Masih tentang Aksi Bela Islam III

Oleh: Aruum Rumiatun, S.Pd.

(Guru SMAN 1 Tambakboyo di Kab. Tuban Jatim)

Baru sepekan berlalu, jutaan kaum muslimin Indonesia berkumpul di Monas dalam rangka Aksi bela Islam III. Mereka, kaum mulsimin Indonesia menunjukkan keberadaanya, tujuh juta kepala menyatu di Jakarta.

Tentu, mereka berkumpul bukan atas sembarang dasar sehingga menjadikan jumlah yang sebanyak itu tumpah ruah jadi satu di tempat yang sama. Iya, mereka menuntut kadilan pada negeri yang dikatakan negara hukum ini. Tuntutan atas ketidakadilan yang seringkali menimpa kaum muslimin yang sudah sampai puncaknya.

Harapanya, segera digarap tuntas kasus penistaan agama yang terkesan ditangani bertele-tele oleh pihak penegak hukum. Masih dalam spirit aksi bela Islam III, banyak kisah yang mengiringi dan juga yang lahir dari aksi tersebut. Mulai dari Long March saudara muslim dari Ciamis yang sekaligus menjadi pemicu semangat juang saudara-saudara lain untuk berangka ke Jakartat.

Sambutan masyarakat yang sangat luar biasa dengan memberikan makanan gratis, jas hujan gratis, pijat gratis serta serba gratis lainnya. Cerita seorang dosen yang begitu haru menyaksiksan pejuang kecil dari Ciamis yang kakinya berdarah karena berjalan cukup jauh sehingga terketuk hatinya untuk memberikan sandal.

Seorang Direktur perusahaan besar yang tergerak langkahnhya ke Monas padahal sebelumnya tidak ada rencana sama sekali, dan akhirnya hal itu menjadi pengalaman terindah dalam hidupnya. Saudara dari Papua yang membagikan sajadah secara gratis. Penanggung jawab pengeras suara yang begitu hebat hingga menjadikan suara khotbah shalat jumat bisa di dengar dengan jelas oleh tujuh juta kaum muslimin saat itu yang ternyata merupakan ayah dari seorang penyanyi terkenal.

Seorang bocah berusia 8 tahun rela berpayah –payah demi menggantikan ayahnya dan akhirnya mendapatkan wakaf rumah makan dari pengusaha Riau MasyaAllah, belum lagi lagi tempat aksi mulai bundaran HI sampai monas yang bebas sampah tidak kurang dari 30 menit yang diprakarsai sosok tawadu’ K.H. abdullah gymnastiar (AA Gym) dengan rendah hati memunguti sampah bekas aksi, sungguh pemandangan yang sangat luar biasa. Dan tentu masih banyak lagi kisah lain yang penuh inspirasi.

Ada kisah tentu pasti ada ibrah. Sebuah pelajaran yang dapat diambil hikmahnya untuk melangkah ke depan lebih baik. Tak terkecuali dalam aksi bela islam III ini. Karena perjuangan tidak cukup hanya sampai di sini. Maka, dengan berdasar beberapa kisah yang telah diukir oleh muslim satu maupun lainnya setidaknya ada beberapa hal yang menjadi pelajaran bagi kita.

Pertama, kaum muslim satu dengan yang lain adalah saudara. Mereka bagaikan satu tubuh. Jika satu bagian sakit maka yang lain pun turut merasakan sakit. Seperti yang disabdakan Rasulullah SAW “seorang Muslim itu adalah saudara muslim yang lain.

Oleh sebab itu, jangan mendzalimi dan meremehkannya dan jangan pula menyakitinya"(HR: Ahmad, Bukhori dan Muslim). Pernyataan sekaligus hadist tersebut mungkin banyak dihafal kaum muslim Indonesia, tapi selama ini dalam penerapannya sangat jauh dari kenyataan. Kita melihat, rasa persaudaraan sesama muslim belakangan ini bahkan dalam kurun beberapa tahun ini seakan-akan hilang.

Kaum muslim menjadikan rasa persaudaraan di antara mereka terbatas pada ikatan darah dan atas asas manfaat semata. Namun, dalam aksi belas Islam III “persaudaraan” itu terlihat sangat nyata. Sehingga rasa ini menggerakkan hati muslim yang lain untuk berinfak mulai menyediakan makanan gratis, minum gratis, jas hujan gratis, pijat gratis, nge-cash Hp gratis, dan lain-lain serba gratis untuk peserta aksi bela islam.

Sungguh benar-benar esensi dari persaudaraan yang dituntut dalam islam. Sehingga, aksi ini menggetak hati kita bahwa harus kita sadari sepenuhnya , kaum muslim satu dengan yang lain adalah saudara. Persaudaraan ini ada karena adanya iman yang sama, iman kepada Al-Qur’an.

Kedua, Ikatan yang sohih (benar) yang layak untuk mengikat antar sesama manusia, khususnya kaum muslimin adalah ikatan yang berdasar akidah (ikatan ideologis). Ikatan inilah yang bisa mengikat manusia secara benar serta mengantarkan pada kebangkitan yang benar. Karena ikatan akidah adalah ikatan yang berdasar pada aturan Sang pencipta Alam Semesta Raya yang kekuatannya tak terkalahkan oleh apapun.

Hal inilah yang mengikat peserta aksi bela islam sehingga meskipun beragam pengorbanan yang harus mereka lakukan mulai dari harta, tenaga, waktu, perasaan bahkan cemoohan tetap tak menggetarkan langkah mereka untuk datang ke jakarta.

Meskipun, berbagai penggembosan dilakukan baik oleh individu maupun pemerintah agar aksi tersebut tidak terlaksana, tetapi tetap tidak bergeming. Justru hal yang terjadi sangat luar biasa. Inilah ikatan akidah yang kekuatannya sangat luar biasa, karena kekuatannya berasal dari Dzat Yang Maha Kuat( Al Qowwiyu).

Sehingga, ikatan ini mampu menarik tujuh juta kepala untuk berkumpul dengan tujuan yang sama tanpa paksaan ataupun desakan, semuanya lillah karena satu rasa yang dibalut dalam kecintaan terhadap Al-Qur’an, yakni ikatan atas dasar akidah islam.

Maka dari itu, hendaknya kaum muslim membuang jauh-jauh ikatan ashabiyah yang selama ini dijadikan pengikat di antara mereka, dan kembali menyadari bahwa hanya ikatan akidah yang dapat mempersatukan mereka. Bukankah, ikatan inilah yang menghasilkan manusia-manusia luar biasa dahulu kala yang berhasil menaklukkan dunia?

Ketiga, umat islam mempunyai potensi yang besar untuk memimpin dunia. Kita harus berani jujur bahwa tidak ada satu organisasi apapun yang mampu mengerahkan masa tujuh juta orang berkumpul di tempat dan waktu yang sama sekaligus dengan tujuan yang sama. Inilah potensi terpendam yang selama ini tidak disadari kaum muslimin. Bahwa ketika umat islam bersatu, kekuatannya sungguh tak terbayangkan.

Dunia pun mengakui hal tersebut, event aksi bela Islam III menjadi Hot News dalam sekup internasional. Tanggapan dari berbagai negeri islam pun juga tak kalah luar biasa. Beragam pujian mereka berikan kepada pejuang aksi bela islam III, mereka adalah orang-orang yang dipilih oleh Allah SWT untuk menyampaikan kebenaran dihadapan penguasa.

Sebuah keberanian yang jarang dimiliki oleh masyarakat dalam kondisi kapitalis saat ini. Dengan demikian, dengan ketiga ibrah yang bisa kita petik dari aksi bela Islam III tersebut, setidaknya semoga ini menjadi awal perjuangan, persatuan dan penggalangan kekuatan untuk mewujudkan tegaknya hukum islam di tengah-tengah masyarakat secara nyata.

Seperti yang dikutip oleh Khatib Shalat Jum’at pada aksi bela Islam III (Habib rizieq Shihab) “tidak ada hukum yang lebih baik dari hukum Allah, tidak ada yang lebih layak dari hukum Allah, tidak ada hukum yang berkah selain hukum Allah...” dan juga firmn Allah SWT “ Apakah hukum jahiliyah yang mereka kehendaki, dan hukum siapakah yang lebih baik hukumnya daripada hukum Allah bagi orang-orang yang yakin” (TQS: Al maidah : 50). [syahid/voa-islam.com]

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas???

Di sini tempatnya-Kiosherbalku.com melayani Grosir & Eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan DISKON sd 60%. Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Mukena Bordir Mewah Harga Murah

Sambut Ramadhan dengan mukena bordir berkualitas, nyaman, adem dan harga terjangkau. Reseller welcome!
http://mukenariri.com

Obat Herbal Mabruuk

Sedia obat herbal berbagai penyakit: Kolesterol, Maag,Asma, Diabetes, Darah Tinggi, Jantung, Kanker, Asam Urat, Nyeri Haid, Lemah Syahwat, Kesuburan, Jerawat, Pelangsing, dll
http://www.herbalmabruuk.com

Infaq Dakwah Center

Kaki Anak Shalih ini Patah Tertabrak Motor Saat Berjalan Menuju Masjid, Butuh Biaya Operasi 13 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Kaki Anak Shalih ini Patah Tertabrak Motor Saat Berjalan Menuju Masjid, Butuh Biaya Operasi 13 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Sudah 8 hari Muhamad Zulzan (5,5 th) terkapar di pembaringan. Kedua tulang kakinya patah tertabrak sepeda motor saat hendak ke masjid. Butuh biaya operasi 13 juta rupiah. Ayo Bantu.!!!...

Berkah Ramadhan..!! Mari Sedekah Santunan Yatim Dhuafa Bersama Para Preman Tobat Jakarta

Berkah Ramadhan..!! Mari Sedekah Santunan Yatim Dhuafa Bersama Para Preman Tobat Jakarta

Menyambut bulan suci Ramadhan, IDC akan menggelar santunan yatim bersama para preman tobat. Target santunan 100 yatim ini membutuhkan dana 13 juta rupiah. Ayo Bantu..!!!...

Dapatkan Gratis.!! Buku Panduan Ramadhan Sesuai Sunnah, Agar Puasa Tak Keliru

Dapatkan Gratis.!! Buku Panduan Ramadhan Sesuai Sunnah, Agar Puasa Tak Keliru

Tebar buku "Tutorial Ramadhan" agar ibadah puasa sesuai sunnah, menghindari kekeliruan puasa yang sering dilakukan umat Islam. Semoga sukses meraih gelar takwa, menggapai surga Ar-Royyan....

Donasi 6,6 Juta Diserahkan, Lidah Fauzan Sukses Dioperasi. Semoga Jadi Lidah yang Fasih Berdakwah

Donasi 6,6 Juta Diserahkan, Lidah Fauzan Sukses Dioperasi. Semoga Jadi Lidah yang Fasih Berdakwah

Alhamdulillah, setelah menjalani operasi, dan perawatan selama sembilan hari, lidah Fauzan anak mujahid sudah sembuh dan sehat. Total biaya pengobatan sebesar Rp 6.612.300,- ...

Sekujur Tubuh Khubaib Melepuh Tersiram Air Panas Saat Ayah dan Ibunya Shalat. Ayo Bantu.!!

Sekujur Tubuh Khubaib Melepuh Tersiram Air Panas Saat Ayah dan Ibunya Shalat. Ayo Bantu.!!

Bocah ini tersiram air teh mendidih hingga 50 persen tubuhnya melepuh. Selama 6 hari ia hanya dirawat di rumah hingga lukanya membusuk....

Latest News
Penggerebekan Pesta Gay 'The Wild One': Indonesia Darurat LGBT!

Penggerebekan Pesta Gay 'The Wild One': Indonesia Darurat LGBT!

Senin, 22 May 2017 23:38

Islam Mengajarkan Kebhinekaan

Islam Mengajarkan Kebhinekaan

Senin, 22 May 2017 23:31

Makna Bulan Suci Ramadhan (Bagian-1)

Makna Bulan Suci Ramadhan (Bagian-1)

Senin, 22 May 2017 22:00

Dewan Syariah Wahdah Islamiyah Gelar Pelatihan Rukyat dan Hisab Falakiyyah

Dewan Syariah Wahdah Islamiyah Gelar Pelatihan Rukyat dan Hisab Falakiyyah

Senin, 22 May 2017 21:50

Bank Keliling dan Lingkaran Pemiskinan Ummat

Bank Keliling dan Lingkaran Pemiskinan Ummat

Senin, 22 May 2017 21:40

Mantan Ketua MPR: Jokowi, Saya Lihat Anda Tidak Simpatik dengan Islam

Mantan Ketua MPR: Jokowi, Saya Lihat Anda Tidak Simpatik dengan Islam

Senin, 22 May 2017 21:37

Membaca Strategi Potong Jalur Pembubaran Ormas

Membaca Strategi Potong Jalur Pembubaran Ormas

Senin, 22 May 2017 21:35

Hentikan Kriminalisasi Ulama, Aktivis Islam, dan Gerakan Dakwah Islam

Hentikan Kriminalisasi Ulama, Aktivis Islam, dan Gerakan Dakwah Islam

Senin, 22 May 2017 21:07

20 Polisi Afghanistan Tewas dalam Serangan Taliban di Pos Keamanan Distrik Shahjoi Zabul

20 Polisi Afghanistan Tewas dalam Serangan Taliban di Pos Keamanan Distrik Shahjoi Zabul

Senin, 22 May 2017 20:00

Ulama Dituduh Makar, Komnas HAM: Jauh Panggang dari Api

Ulama Dituduh Makar, Komnas HAM: Jauh Panggang dari Api

Senin, 22 May 2017 19:37

Amies Rais Setuju Presiden mesti Orang Indonesia Asli

Amies Rais Setuju Presiden mesti Orang Indonesia Asli

Senin, 22 May 2017 17:37

Bursa Kurma VOA ISLAM, Yuk Beli Kurma Segar Buat Ramadhan

Bursa Kurma VOA ISLAM, Yuk Beli Kurma Segar Buat Ramadhan

Senin, 22 May 2017 17:33

200 Video Kartun Anak Islami: Belajar Hijaiyah, Tajwid, Doa Hingga Kisah Para Nabi

200 Video Kartun Anak Islami: Belajar Hijaiyah, Tajwid, Doa Hingga Kisah Para Nabi

Senin, 22 May 2017 16:10

200 Lebih Tahanan Palestina di Penjara Israel Ikut Bergabung dalam Aksi Mogok Makan Masal

200 Lebih Tahanan Palestina di Penjara Israel Ikut Bergabung dalam Aksi Mogok Makan Masal

Senin, 22 May 2017 15:46

Beginilah Dampak HTI paska Dituding Pemerintah Dekat dengan ISIS

Beginilah Dampak HTI paska Dituding Pemerintah Dekat dengan ISIS

Senin, 22 May 2017 15:37

Jika Terus Menerus Kriminalisasi Ulama, maka Akan Terjadi Konflik Horizontal

Jika Terus Menerus Kriminalisasi Ulama, maka Akan Terjadi Konflik Horizontal

Senin, 22 May 2017 13:37

Raja Salman: Rezim Iran jadi Ujung Tombak Terorisme sejak Revolusi Komeni Tahun 1979

Raja Salman: Rezim Iran jadi Ujung Tombak Terorisme sejak Revolusi Komeni Tahun 1979

Senin, 22 May 2017 13:15

Soal Kriminalisasi Ulama, Komnas HAM Sebut Ada Unsur Politisnya

Soal Kriminalisasi Ulama, Komnas HAM Sebut Ada Unsur Politisnya

Senin, 22 May 2017 11:37

Presiden Baru Prancis Tidak Akan Akui Negara Palestina untuk Menjaga Hubungan Baik dengan Israel

Presiden Baru Prancis Tidak Akan Akui Negara Palestina untuk Menjaga Hubungan Baik dengan Israel

Senin, 22 May 2017 11:15

(Video) Raja Salman Tegur Donald Trump Agar Minum dengan Tangan Kanan

(Video) Raja Salman Tegur Donald Trump Agar Minum dengan Tangan Kanan

Senin, 22 May 2017 10:09


Mukena bordir mewar harga murah

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X