Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.204 views

Kontribusi Ilmuwan Muslim dalam Eksplorasi Luar Angkasa

JAKARTA (voa-islam.com)Pakar sejarah sains, David A King, dalam The Renaissance of Astronomy in Baghdad in the 9th and 10th Centuries menjelaskan, perkembangan ilmu astronomi dalam peradaban Islam khususnya pada masa awal tak lepas dari pengaruh peradaban India dan Iran.

Perkembangan astronomi dalam peradaban Islam yang terjadi pada abad ke-9 dimulai dengan diterjemahkannya karya-karya utama Almagest oleh para ulama dan ilmuwan. Almagest adalah sumber terpenting mengenai informasi tentang astronomi Yunani kuno.

Para ilmuwan Islam ini belajar dengan cepat menggunakan metode penelitian yang kemudian menghasilkan berbagai penemuan, hingga mencapai puncak kejayaannya sepanjang sejarah peradaban.

Menurut Muhammad Gharib Jaudah, bahkan tidak separuh pun dari nilai peradaban itu dapat tertandingi oleh peradaban lain yang telah ada sebelumnya. Peradaban yang besar ini di Barat disebut dengan nama The Islamic Civilization atau peradaban Islam.

Ilmuwan Muslim yang memiliki kontribusi dalam eksplorasi luar angkasa begitu banyak. Proses perkembangan ilmu luar angkasa memiliki kaitan dengan penemuan ilmu matematika dan fisika. Sehingga, ilmuwan yang memiliki peran dalam bidang astronomi begitu banyak.

Di antaranya adalah Muhammad al-Fazari (777 M) yang merupakan astronom resmi pertama Dinasti Abbasiyah. Dia mengoreksi tabel yang ada berdasarkan teks astronomi India Siddhanta yang ditulis oleh Brahmagupta. Kitab ini merupakan rujukan utama hingga masa khalifah al-Ma'mun. Ia juga mengarang beberapa syair astronomis dan dikenal sebagai pembuat astrolab pertama di kalangan Muslim.

Al-Fargani (Alfraganus) sekitar 860 M menulis kitab Ushul al-Falak (prinsip-prinsip astronomi) dan Jawami ilm an-Nujum wa Ushul al-Harakah as-Samawiyyah (penjelasan lengkap tentang bintang dan prinsip-prinsip gerakan langit).

Buku terakhir ini kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Latin pada 1493 dan menjadi buku rujukan penting bagi Copernicus dalam menyusun teorinya.

Syekh Muhammad Sa'id Mursi dalam Tokoh-Tokoh Besar Islam Sepanjang Sejarah menyebutkan, Abbas bin Farnas bin Wardas yang biasa dipanggil Abu Qashim gelarnya Hakim Andalus, dilahirkan di Kordoba pada 194 H dan tumbuh besar di sana.

Dia orang pertama yang menemukan jam kemudian diberi nama al-Miqatah, juga teropong bintang yang diberi nama Natu al-Halq. Dari teropong tersebut dia menggambar pada dinding rumahnya sistem tata surya mulai dari matahari, bumi, bulan, dan bintang pada orbitnya masing-masing.

Dia juga penemu teori pesawat terbang setelah mempelajari berat jenis dan kekuatan angin. Untuk uji coba, dia mengundang para ilmuwan di Kordoba guna menyaksikan dirinya membuat sayap yang diikat ditangannya, kemudian menerpa angin dan terbang di udara cukup lama.

Namun, ketika mendarat terjadi kecelakan sehingga melukai punggungnya. Tidak seorang pun yang dapat menafsirkan kitab Arudh karya Khalil kecuali dirinya, sehingga simpul-simpul masalah di dalamnya dapat diuraikan dengan jelas. Pada 274 H dia wafat di Andalusia.

Berikutnya, Syamsuddin Abu Abdullah Muhammad bin Mahmud al-Khalili al-Miqati. Dia merupakan astronom terkenal yang tinggal di Damaskus pada abad ke 14.

Dia adalah seorang ilmuwan miqat (ilmu tentang penentuan waktu berdasarkan matahari dan bintang). Dia termasuk salah seorang ilmuwan yang ilmu dan karyanya telah disadur oleh Copernicus.

Dia berhasil membuat jadwal penetapan waktu dengan matahari bagi daerah yang berada di garis lintang Damaskus, jadwal waktu shalat untuk garis lintang yang sama, dan jadwal arah kiblat.

Di antara karya tulisnya adalah Jadwal al-Qiblah Li al-Halili, Jadwal al-Miqat, Syarh alat ar-Rubu Li al-Khalili, dan Jadwal Fashl ad-Dawair Wa Amal al-Lail W an-Nahar. [rol/syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Science lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.

Infaq Dakwah Center

Bayi Anak Ustadz Pesantren Qur'an ini Kritis Menderita Toxoplasmosis. Ayo Bantu.!!!

Sudah 9 hari bayi Tazkia kritis terinfeksi toxoplasma. Sang ayah, Ustadz Yusron pengasuh pesantren Tahfizh Al-Qur'an Sukoharjo terbentur biaya yang sudah mencapai 31 juta rupiah...

Dihantam Truk Tronton, Ustadz Hibatullah Tak Sadarkan Diri 7 Hari. Ayo Bantu.!!!

Mujahid Dakwah ini mengalami kecelakaan hebat: rahangnya bergeser harus dioperasi; bibir atas sobek hingga hidung; tulang pinggul retak. Ayo bantu supaya bisa beraktivitas dakwah lagi....

Keluarga Yatim Muallaf Hidup Serba Kekurangan. Ayo Bantu Beasiswa dan Modal Usaha.!!

Tak berselang lama setelah berikrar masuk Islam bersama seluruh keluarganya, Ganda Korwa wafat meninggalkan istri dan 6 anak yatim. Kondisi mereka sangat mengenaskan....

Bertarung Nyawa Melawan Tumor Ganas, Faizal Drop Out dari Pesantren. Ayo Bantu.!!!

Tanpa didampingi ayah-bunda, ia menahan perihnya tumor ganas. Daging tumor dengan luka menganga menutupi separo wajahnya. Studi di Pesantren pun tidak sanggup ditempuhnya sampai tamat....

Lahir Keracunan Ketuban, Bayi Anak Aktivis Islam Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu!!!

Usai persalinan, bayi Ummu Azmi kritis di NICU karena keracunan ketuban saat persalinan. Biaya perawatan cukup mahal, hari pertama saja mencapai 8 juta rupiah. Butuh uluran tangan kaum muslimin....

Latest News
Ada Dugaan Motif Lain sehingga Pekerja Asing justru Bekerja di Proyek Infrastruktur

Jum'at, 17 Nov 2017 22:13

Pengadilan Jerman Izinkan Maskapai Kuwait Airways Tolak Angkut Warga Israel

Jum'at, 17 Nov 2017 21:00

Menimbang Dua Putusan Pengadilan Buni Yani dengan Ahok

Jum'at, 17 Nov 2017 20:30

Israel Luncurkan Aplikasi Smartphone Penghancuran Masjid Al-Aqsa, Menggantinya dengan Kuil Suci

Jum'at, 17 Nov 2017 20:17

Biaya Dipertanyakan, Proyek Ini Akhirnya Berpotensi Kuat Terganggu

Jum'at, 17 Nov 2017 20:13

MUI Tolak Aliran Kepercayaan Dicantumkan pada Kolom Agama KTP

Jum'at, 17 Nov 2017 19:24

Di Solo Ada Sekitar 11 Ribu Penghayat Aliran Kepercayaan, Pemkot Lakukan Pendataan Ulang

Jum'at, 17 Nov 2017 18:54

Dipaksakan, Pemerintahan Jokowi Diprediksi akan Kehabisan Nafas menjelang Pemilu

Jum'at, 17 Nov 2017 18:13

Sebut Takbir Bukti Teroris, Wakil Ketua MPR: Pakailah Akal Sehat, Tarik Ucapan dan Minta Maaflah

Jum'at, 17 Nov 2017 16:13

Ini Kejanggalan Kecelakaan Lalin Setnov Menurut Tokoh Muda Golkar

Jum'at, 17 Nov 2017 15:00

Tanda Doa Terkabul

Jum'at, 17 Nov 2017 15:00

Diduga Jurnalis MetroTV Terlibat Rekayasa Kecelakaan Setya Novanto, Benarkah?

Jum'at, 17 Nov 2017 13:42