Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.629 views

Kontribusi Ilmuwan Muslim dalam Eksplorasi Luar Angkasa

JAKARTA (voa-islam.com)Pakar sejarah sains, David A King, dalam The Renaissance of Astronomy in Baghdad in the 9th and 10th Centuries menjelaskan, perkembangan ilmu astronomi dalam peradaban Islam khususnya pada masa awal tak lepas dari pengaruh peradaban India dan Iran.

Perkembangan astronomi dalam peradaban Islam yang terjadi pada abad ke-9 dimulai dengan diterjemahkannya karya-karya utama Almagest oleh para ulama dan ilmuwan. Almagest adalah sumber terpenting mengenai informasi tentang astronomi Yunani kuno.

Para ilmuwan Islam ini belajar dengan cepat menggunakan metode penelitian yang kemudian menghasilkan berbagai penemuan, hingga mencapai puncak kejayaannya sepanjang sejarah peradaban.

Menurut Muhammad Gharib Jaudah, bahkan tidak separuh pun dari nilai peradaban itu dapat tertandingi oleh peradaban lain yang telah ada sebelumnya. Peradaban yang besar ini di Barat disebut dengan nama The Islamic Civilization atau peradaban Islam.

Ilmuwan Muslim yang memiliki kontribusi dalam eksplorasi luar angkasa begitu banyak. Proses perkembangan ilmu luar angkasa memiliki kaitan dengan penemuan ilmu matematika dan fisika. Sehingga, ilmuwan yang memiliki peran dalam bidang astronomi begitu banyak.

Di antaranya adalah Muhammad al-Fazari (777 M) yang merupakan astronom resmi pertama Dinasti Abbasiyah. Dia mengoreksi tabel yang ada berdasarkan teks astronomi India Siddhanta yang ditulis oleh Brahmagupta. Kitab ini merupakan rujukan utama hingga masa khalifah al-Ma'mun. Ia juga mengarang beberapa syair astronomis dan dikenal sebagai pembuat astrolab pertama di kalangan Muslim.

Al-Fargani (Alfraganus) sekitar 860 M menulis kitab Ushul al-Falak (prinsip-prinsip astronomi) dan Jawami ilm an-Nujum wa Ushul al-Harakah as-Samawiyyah (penjelasan lengkap tentang bintang dan prinsip-prinsip gerakan langit).

Buku terakhir ini kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Latin pada 1493 dan menjadi buku rujukan penting bagi Copernicus dalam menyusun teorinya.

Syekh Muhammad Sa'id Mursi dalam Tokoh-Tokoh Besar Islam Sepanjang Sejarah menyebutkan, Abbas bin Farnas bin Wardas yang biasa dipanggil Abu Qashim gelarnya Hakim Andalus, dilahirkan di Kordoba pada 194 H dan tumbuh besar di sana.

Dia orang pertama yang menemukan jam kemudian diberi nama al-Miqatah, juga teropong bintang yang diberi nama Natu al-Halq. Dari teropong tersebut dia menggambar pada dinding rumahnya sistem tata surya mulai dari matahari, bumi, bulan, dan bintang pada orbitnya masing-masing.

Dia juga penemu teori pesawat terbang setelah mempelajari berat jenis dan kekuatan angin. Untuk uji coba, dia mengundang para ilmuwan di Kordoba guna menyaksikan dirinya membuat sayap yang diikat ditangannya, kemudian menerpa angin dan terbang di udara cukup lama.

Namun, ketika mendarat terjadi kecelakan sehingga melukai punggungnya. Tidak seorang pun yang dapat menafsirkan kitab Arudh karya Khalil kecuali dirinya, sehingga simpul-simpul masalah di dalamnya dapat diuraikan dengan jelas. Pada 274 H dia wafat di Andalusia.

Berikutnya, Syamsuddin Abu Abdullah Muhammad bin Mahmud al-Khalili al-Miqati. Dia merupakan astronom terkenal yang tinggal di Damaskus pada abad ke 14.

Dia adalah seorang ilmuwan miqat (ilmu tentang penentuan waktu berdasarkan matahari dan bintang). Dia termasuk salah seorang ilmuwan yang ilmu dan karyanya telah disadur oleh Copernicus.

Dia berhasil membuat jadwal penetapan waktu dengan matahari bagi daerah yang berada di garis lintang Damaskus, jadwal waktu shalat untuk garis lintang yang sama, dan jadwal arah kiblat.

Di antara karya tulisnya adalah Jadwal al-Qiblah Li al-Halili, Jadwal al-Miqat, Syarh alat ar-Rubu Li al-Khalili, dan Jadwal Fashl ad-Dawair Wa Amal al-Lail W an-Nahar. [rol/syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Science lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.

Infaq Dakwah Center

Ustadz Purnomo, Dai Pinggiran Butuh Sanitasi MCK di Semanggi Solo. Ayo Bantu.!!

Dai yang aktif berdakwah melawan pemurtadan misionaris ini tinggal di rumah sederhana tanpa kamar mandi mck. Sang istri yang berhijab kesulitan, setiap mandi, buang air dan buang hajat harus...

Rumah Anak Yatim Cikarang ini Sering Roboh, Ayo Bantu Renovasi..!!

Di usia senja, Bu Janih bersama 5 anak yatimnya tinggal di rumah rombeng yang kumuh, lapuk dan sering roboh. Upah sebagai buruh cuci serabutan pun tak menentu sehingga tidak bisa memasak nasi...

Santri Korban Tabrak Ini Remuk Telapak Tangannya. Ayo Bantu Biaya Operasi!

Sudah 23 hari tangan Ramdani remuk dalam insiden tabrak lari. Ia harus segera dioperasi supaya patahan tulang tidak berantakan dan dagingnya tidak membusuk. Butuh dana puluhan juta untuk operasi....

WAKAF MOTOR DAKWAH: Relawan IDC Serahkan Sepeda Motor untuk Dai Lereng Gunung Lawu

Relawan IDC Solo Raya menyerahkan wakaf sepeda motor kepada Ustadz Sriyono untuk menunjang aktifitas dakwah di tempat-tempat terpencil yang sulit dijangkau di lereng Gunung Lawu...

3 Tahun Menderita Tumor Ganas, Kang Yoyo Tak Bisa Bekerja dan Berjamaah Masjid. Ayo Bantu..!!

Aktivis masjid ini menderita tumor ganas dan tidak bisa berobat karena terbentur biaya. Daging tumornya terus membesar seukuran bola futsal. Ayo bantu bisa bekarja dan berjamaah di masjid lagi....

Latest News
Munarman: Pemisahan Masjid dan Politik Itu Konsep Snouckhurgronye

Rabu, 25 Apr 2018 11:03

SoA: Pembunuhan Dr Fadhi Ungkap Sejatinya Israel

Rabu, 25 Apr 2018 10:58

Wakil DPD RI Ingatkan Kondisi Keamanan Jelang Pilkada Serentak

Rabu, 25 Apr 2018 09:44

Quo Vadis Kebijakan Student Loan di Indonesia, Masihkah Relevan?

Rabu, 25 Apr 2018 09:43

Mesir Izinkan Jenazah Ilmuan Palestina Dikembalikan ke Gaza Lewat Perbatasannya

Rabu, 25 Apr 2018 09:35

Politisasi Masjid Harus Dijelaskan Dulu Maknanya

Rabu, 25 Apr 2018 09:13

MUI: Jangan Sampai Antipolitisasi Masjid Guna Lancarkan Kampanye Politik di Rumah Ibadah Non-muslim

Rabu, 25 Apr 2018 08:49

Pemerintah akan Datangkan Dosen Asing dengan Gaji Rp. 39-65 Juta

Rabu, 25 Apr 2018 08:15

Diduga Tidak Adil, PP KAMMI: Copot Direktur Utama PT Telkom Indonesia

Rabu, 25 Apr 2018 08:15

KH Cholil Nafis: Agama dan Kekuasaan Ibarat Saudara Kembar

Rabu, 25 Apr 2018 07:21

Persaudaraan Alumni 212 Temui Jokowi, Apa yang Dibicarakan?

Rabu, 25 Apr 2018 06:57

[VIDEO] Ini Dua Amanat Habib Rizieq dari Makkah

Rabu, 25 Apr 2018 06:32

Ustadz Purnomo, Dai Pinggiran Butuh Sanitasi MCK di Semanggi Solo. Ayo Bantu.!!

Selasa, 24 Apr 2018 21:59