Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.788 views

Kekerasan Seksual pada Perempuan dan Perjuangan via Tagar Medsos #MeToo

Oleh: Khamsiyatil Fajriyah

Tagar #MeToo sedang viral. Ini adalah protes melawan kekerasan seksual yang terjadi pada perempuan. Tagar ini dimulai sejak akhir tahun lalu setelah terungkapnya pelecehan seksual produser film kenamaan Hollywood, Harvey Weinstein. Tidak main-main, dalam jangka waktu 30 tahun dia berhasil melakukan pelecehan, kekerasan, bahkan pemerkosaan kepada puluhan artis, papan atas pula. Sebutlah nama dari Gwyneth Paltrow, Angelina Jolie, sampai Cara delevingne.

Di Korea Selatan tagar ini juga sedang viral. Masyarakat menuntut terungkapnya kematian bunuh diri artis cantik Jang Ja Yeon yang mengenaskan. Dari surat yang dia tulis untuk sahabatnya, diceritakan bahwa dia telah diperkosa oleh 31 orang sebanyak 100 kali.

Di women's march lalu, seorang artis Indonesia yang ikut turun ke jalan menceritakan hal yang sama. Pelecehan dan kekerasan seksual adalah hal yang sering dialami mereka. Di Indonesia, hal ini mendorong untuk segera disahkannya RUU Penghapusan Kekerasan Seksual.

Miris melihat fenomena pelecehan seksual terhadap perempuan ini. Mengapa begitu mudah perempuan menjadi objek untuk dilecehkan? Tentu ada sebab bahkan akar dari munculnya kejadian ini. 

Kapitalisme Biang Masalah

Bukan tanpa sebab bila para artis korban pelecehan seksual ini diam saja. Selain trauma yang mendalam dan memalukan, mereka takut kehilangan pekerjaan dan ketenaran. Iming-iming ketenaran atau pekerjaan dari pelaku pelecehan yang rata-rata orang yang berkuasa atas mereka telah berhasil membungkam para korban.

Rentan mengalami kekerasan seksual adalah nasib perempuan dalam sistem kapitalisme. Dalam kapitalisme, perempuan adalah komoditas. Hal itu menjadikan perempuan tereksploitasi secara seksual. Karena perempuan yang secara fitrah adalah perhiasan 'dunia', segala darinya bisa menjual. Maka wajarlah para kapitalis memakainya untuk mendongkrak nilai jual produknya.

Setiap jengkal tubuh perempuan bisa di ekspolitasi untuk mendongkrak barang jualan para kapitalis. Dari kepala hingga ujung kakinya. Dari barang yang ada hubungannya dengan perempuan hingga barang yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan perempuan. Pendek kata, dalam sistem kapitalisme badan perempuan memiliki nilai tukar yang bisa dijajakan.

Pelecehan bahkan kekerasan seksual sebenarnya bukan monopoli dunia entartainment. Di industri yang lain pun hal ini sering terjadi. Perempuan kerap kali menerima resiko ini ketika mereka harus keluar rumah untuk bekerja. Perlakuan tidak senonoh bisa datang dari bos, teman kerja, bahkan kliennya.

Dalam sistem kapitalisme, perempuan dituntut untuk bekerja. Karena mereka dituntut harus ikut serta 'berperan' dalam PDB (Pendapatan Domestik Bruto). Perempuan 'berperan' bila menghasilkan uang sendiri. Bila tidak, selanjutnya dia akan diberi predikat 'tidak produktif', menjadi beban orang lain dan puncaknya adalah menjadi beban negara.

Semuanya lahir dari pandangan hidup kapitalisme, bahwa segala sesuatunya diukur dari materi. Perempuan pun ikut serta dalam pusaran pemikiran ini. Meskipun hidup mereka sebenarnya jauh dari kebahagiaan. Yang mereka terima adalah penderitaan demi penderitaan, penghinaan demi penghinaan, semuanya dengan 'tabah' mereka jalani. Semuanya demi materi. Yang pada akhirnya hidup pun tidak bisa mereka 'nikmati'.

Akhirnya, menjadi sangat sulit memutus mata rantai kekerasan seksual terhadap perempuan dalam sistem kapitalisme. Beragam Undang-undang yang telah diratifikasi oleh pemerintah Indonesia juga tidak berhasil menghentikan kekerasan seksual terhadap perempuan. Karena sistem kapitalisme sebagai biang masalahnya, masih terus dipelihara.

Islam Solusi

Islam selama ini dituding sebagai kambing hitam atas segala persoalan perempuan. Padahal sejatinya, hanya Islam yang mampu memuliakan mereka. Dengan suatu pandangan hidup yang jauh dari pengagungan terhadap materi. Suatu pandangan hidup yang semata-mata bertujuan meraih ridho Allah SWT. Kehidupan yang baik pasti akan dinikmati oleh para perempuan ketika mereka tunduk kepada hukum-hukum Allah SWT. Bersama dengan laki-laki bahu membahu untuk beramal sholih dan menegakkan hukum Allah SWT.

Salah satu pemuliaan kepada perempuan dalam Islam adalah pelepasan tanggung jawab mereka dalam mencari nafkah. Maka biaya hidup seorang perempuan ditanggung oleh laki-laki yang menjadi walinya bila dia belum menikah. Bila dia menikah, maka biaya hidupnya beralih kepada suaminya. Bila kedua pihak ini tidak dimiliki oleh seorang perempuan, maka negaralah yang berperan sebagai walinya. Tentu saja negara ini adalah Khilafah.

Khilafah memandang semua warga negaranya adalah tanggungjawabnya. Termasuk di dalamnya perempuan. Mengurusi mereka bukan karena mereka telah berkontribusi pada PDB negara. Tetapi begitulah tanggungjawab negara yang digariskan oleh Allah SWT. Dicontohkan oleh Rasulullah SAW dan para Khalifah sesudah beliau.

Melindungi perempuan dari kekerasan seksual juga telah dijelaskan rinci dalam syariat Islam. Menjaga kehormatan perempuan sudah diatur dalam Islam sejak mereka ada di dalam rumah hingga keluar rumah. Larangan berkhalwat dan berikhtilat. Kewajiban menutup aurat bila menemui laki-laki selain mahramnya. Memakai jilbab ketika keluar rumah. Kewajiban mengantongi ijin dari wali atau suaminya ketika keluar rumah. Hingga ditemani mahramnya ketika menempuh perjalanan sehari semalam.

Jelaslah, seruan siapa yang bisa kita ikuti dan perjuangkan. Seruan sistem kapitalisme yang menghancurkan dan menghinakan perempuan ataukah seruan sistem Islam yang memuliakan dan melindungi perempuan? Akal sehat kita sudah tentu bisa memilih dengan bijak. Wallahu alam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Infaq Dakwah Center

Ustadz Purnomo, Dai Pinggiran Butuh Sanitasi MCK di Semanggi Solo. Ayo Bantu.!!

Ustadz Purnomo, Dai Pinggiran Butuh Sanitasi MCK di Semanggi Solo. Ayo Bantu.!!

Dai yang aktif berdakwah melawan pemurtadan misionaris ini tinggal di rumah sederhana tanpa kamar mandi mck. Sang istri yang berhijab kesulitan, setiap mandi, buang air dan buang hajat harus...

Rumah Anak Yatim Cikarang ini Sering Roboh, Ayo Bantu Renovasi..!!

Rumah Anak Yatim Cikarang ini Sering Roboh, Ayo Bantu Renovasi..!!

Di usia senja, Bu Janih bersama 5 anak yatimnya tinggal di rumah rombeng yang kumuh, lapuk dan sering roboh. Upah sebagai buruh cuci serabutan pun tak menentu sehingga tidak bisa memasak nasi...

Santri Korban Tabrak Ini Remuk Telapak Tangannya. Ayo Bantu Biaya Operasi!

Santri Korban Tabrak Ini Remuk Telapak Tangannya. Ayo Bantu Biaya Operasi!

Sudah 23 hari tangan Ramdani remuk dalam insiden tabrak lari. Ia harus segera dioperasi supaya patahan tulang tidak berantakan dan dagingnya tidak membusuk. Butuh dana puluhan juta untuk operasi....

WAKAF MOTOR DAKWAH: Relawan IDC Serahkan Sepeda Motor untuk Dai Lereng Gunung Lawu

WAKAF MOTOR DAKWAH: Relawan IDC Serahkan Sepeda Motor untuk Dai Lereng Gunung Lawu

Relawan IDC Solo Raya menyerahkan wakaf sepeda motor kepada Ustadz Sriyono untuk menunjang aktifitas dakwah di tempat-tempat terpencil yang sulit dijangkau di lereng Gunung Lawu...

3 Tahun Menderita Tumor Ganas, Kang Yoyo Tak Bisa Bekerja dan Berjamaah Masjid. Ayo Bantu..!!

3 Tahun Menderita Tumor Ganas, Kang Yoyo Tak Bisa Bekerja dan Berjamaah Masjid. Ayo Bantu..!!

Aktivis masjid ini menderita tumor ganas dan tidak bisa berobat karena terbentur biaya. Daging tumornya terus membesar seukuran bola futsal. Ayo bantu bisa bekarja dan berjamaah di masjid lagi....

Latest News
SOHR: Serangan Udara Rezim Assad di Kamp Yarmuk Tewaskan 6 Warga Sipil

SOHR: Serangan Udara Rezim Assad di Kamp Yarmuk Tewaskan 6 Warga Sipil

Rabu, 25 Apr 2018 21:00

Hadiri, 'Menjadi Keluarga Sakinah di Zaman Fitnah' Bersama Ust. Oemar Mita

Hadiri, 'Menjadi Keluarga Sakinah di Zaman Fitnah' Bersama Ust. Oemar Mita

Rabu, 25 Apr 2018 20:51

[VIDEO] Prosesi Pelepasan Jenazah Asy Syahid Dr Fadi Al-Batsh

[VIDEO] Prosesi Pelepasan Jenazah Asy Syahid Dr Fadi Al-Batsh

Rabu, 25 Apr 2018 20:50

Polisi Malaysia Rilis Foto Salah Satu Tersangka Pembunuh Ilmuan Palestina

Polisi Malaysia Rilis Foto Salah Satu Tersangka Pembunuh Ilmuan Palestina

Rabu, 25 Apr 2018 20:36

[VIDEO] Tim 11 Ulama Alumni 212 Ungkap Hasil Pertemuan Tertutup dengan Jokowi

[VIDEO] Tim 11 Ulama Alumni 212 Ungkap Hasil Pertemuan Tertutup dengan Jokowi

Rabu, 25 Apr 2018 20:31

Pembunuhan Kepala Politik Saleh Al-Sammad Kemunduran Besar Bagi Pemberontak Syi'ah Houtsi

Pembunuhan Kepala Politik Saleh Al-Sammad Kemunduran Besar Bagi Pemberontak Syi'ah Houtsi

Rabu, 25 Apr 2018 20:05

DDII: Anjuran Pilih Orang Islam di Masjid Tidak Masalah

DDII: Anjuran Pilih Orang Islam di Masjid Tidak Masalah

Rabu, 25 Apr 2018 19:06

UBN: Dakwah Politik Islam Di Masjid Boleh

UBN: Dakwah Politik Islam Di Masjid Boleh

Rabu, 25 Apr 2018 19:01

Ketua DDII Jabar Setuju Jangan Politisasi Masjid Jika Maknanya Seperti Ini

Ketua DDII Jabar Setuju Jangan Politisasi Masjid Jika Maknanya Seperti Ini

Rabu, 25 Apr 2018 16:57

Taliban Umumkan Ofensif Musim Semi Baru, Disebut Operasi Al-Khandaq

Taliban Umumkan Ofensif Musim Semi Baru, Disebut Operasi Al-Khandaq

Rabu, 25 Apr 2018 16:30

Jangan Tabu Membahas Politik di Masjid

Jangan Tabu Membahas Politik di Masjid

Rabu, 25 Apr 2018 14:09

[VIDEO] Terima Kasih Donatur. 130 Hidangan Maidaturrahmah 13 April 2018 telah diibagikan

[VIDEO] Terima Kasih Donatur. 130 Hidangan Maidaturrahmah 13 April 2018 telah diibagikan

Rabu, 25 Apr 2018 13:12

Munarman: Pemisahan Masjid dan Politik Itu Konsep Snouckhurgronye

Munarman: Pemisahan Masjid dan Politik Itu Konsep Snouckhurgronye

Rabu, 25 Apr 2018 11:03

SoA: Pembunuhan Dr Fadhi Ungkap Sejatinya Israel

SoA: Pembunuhan Dr Fadhi Ungkap Sejatinya Israel

Rabu, 25 Apr 2018 10:58

Wakil DPD RI Ingatkan Kondisi Keamanan Jelang Pilkada Serentak

Wakil DPD RI Ingatkan Kondisi Keamanan Jelang Pilkada Serentak

Rabu, 25 Apr 2018 09:44

Mesir Izinkan Jenazah Ilmuan Palestina Dikembalikan ke Gaza Lewat Perbatasannya

Mesir Izinkan Jenazah Ilmuan Palestina Dikembalikan ke Gaza Lewat Perbatasannya

Rabu, 25 Apr 2018 09:35

Politisasi Masjid Harus Dijelaskan Dulu Maknanya

Politisasi Masjid Harus Dijelaskan Dulu Maknanya

Rabu, 25 Apr 2018 09:13

MUI: Jangan Sampai Antipolitisasi Masjid Guna Lancarkan Kampanye Politik di Rumah Ibadah Non-muslim

MUI: Jangan Sampai Antipolitisasi Masjid Guna Lancarkan Kampanye Politik di Rumah Ibadah Non-muslim

Rabu, 25 Apr 2018 08:49

Pemerintah akan Datangkan Dosen Asing dengan Gaji Rp. 39-65 Juta

Pemerintah akan Datangkan Dosen Asing dengan Gaji Rp. 39-65 Juta

Rabu, 25 Apr 2018 08:15

Diduga Tidak Adil, PP KAMMI: Copot Direktur Utama PT Telkom Indonesia

Diduga Tidak Adil, PP KAMMI: Copot Direktur Utama PT Telkom Indonesia

Rabu, 25 Apr 2018 08:15


Reseller tas batam

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X