Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.163 views

Kewajiban Membaca Siroh Nabawiyah

Oleh: Adi Permana Sidik

(Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Sangga Buana Bandung)

Tidak mungkin orang dapat mengenal Islam dengan baik, jika tidak mengenal sejarah orang yang membawa Islam itu”

(Haekal, Penulis buku Sejarah Hidup Muhammad)

Penggalan kalimat yang cukup singkat di atas itu, sekitar 10 tahun yang lalu pernah mengguncangkan hati saya sebagai seorang muslim, sebagai seorang yang mengakui Muhammad sebagai Nabi dan Rosul Allah. Keguncanganan tersebut paling tidak didasari oleh dua hal.                             

Pertama, tentu saja menyangkut pembuktian keimanan. Saya yang sudah merasa sebagai seorang muslim sejak kecil sampai dengan saat itu - saat pertama kali membaca tulisan dari buku Haekal - kira-kira berusia sekitar 20 tahun.

Tapi selama 20 tahun keislaman saya itu, belum pernah sama sekali saya membaca dan mengetahui sejarah hidup Nabi akhir zaman itu secara menyeluruh.

Walaupun tentu saja setebal apapun buku yang menulis tentang kehidupan Nabi Muhammad SAW, rasanya tidak akan mampu menggambarkan secara detail dan lengkap, hidup seorang Nabi Muhammad SAW, karena begitu agung dan mulianya peri hidup seorang Nabi Muhammad SAW.                                                          

Kedua, adalah bahwa tidak mungkin kita bisa berislam yang benar - termasuk juga memperjuangkan Islam dengan benar - sebagai sebuah peradaban atau sistem hidup, jika kita tidak bisa memahami secara kaaffah sejarah hidup seorang Nabi Muhammad SAW, karena dalam sejarah hidup Nabi Muhammad SAW lah kita akan bisa mengetahui, bukan hanya tata cara shalat Nabi Muhammad SAW saja, tapi kita juga dapat mengetahui bagaimana Nabi Muhammad SAW memperjuangkan Islam sebagai sistem hidup yang benar dan unggul dari sistem hidup lainnya.

Dengan membaca Siroh Nabawiyah, misalnya, kita akan tahu apakah dulu Nabi Muhammad SAW ketika menegakkan Al-Islam masuk ke dalam sistem jahiliyah, atau berada di luar sistem jahiliyah (Darun Nadwah). Atau ternyata Nabi Muhammad SAW melakukan dua hal itu sekaligus, di luar sistem dengan Nabi Muhammad SAW tidak mau menerima tawaran sebagai Raja, dan juga di dalam sistem, dengan mengutus beberapa sahabatnya seperti pamannya Abbas ra. dalam rangka mengumpulkan informasi-informasi apa yang akan dilakukan oleh para musyrikin Quraisy saat itu, untuk kemudian nantinya disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW.

Sehingga dengan informasi tersebut Nabi Muhammad dapat melakukan strategi untuk melawannya. Dalam bahasa sekarang profesi Abbas ra dulu itu disebut sebagai intelejen. Pengetahuan ini penting sekali bagi kita seorang Muslim, khususnya yang sedang mengemban dan berjuang menegakan risalah dakwah Al-Islam ini.

Dengan membaca Siroh Nabawiyah secara benar, kita akan memiliki paduan yang lengkap seperti apa dan bagaimana risalah Al-Islam ini harus diperjuangkan. Sejatinya, menurut saya, hal-hal prinsip yang sifatnya sudah final dan mutlak (tsawabit) dalam konteks perjuangan Al-Islam ini, sudah tersurat dan tersirat dari sejarah hidup Nabi Muhammad SAW, tinggal kita mencontohnya saja, sesuai dengan apa yang diinformasikan oleh Allah SWT dalam surat Al-Ahzab ayat 21:

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.

Tentu berbeda dengan hal-hal yang bersifat mutaghayyirat artinya ada hal-hal yang memungkinkan mengalami penggantian, perubahan, takwil, dan pengembangan sesuai zaman dan konteks. Tapi, tetap saja yang menyesuaikan dengan zaman pun tidak boleh bertentangan dengan prinsip-prinsip Islam, dalam artian tidak boleh bertentangan dengan syari’at Allah.    

Umat Islam diseluruh dunia, saat ini sedang memasuki bulan Rabbiul Awwal di mana Sang Nabi terakhir lahir (seperti beberapa pendapat ahli sejarah), sebagian di antaranya ada yang memperingatinya. Menurut saya, kalaupun ada yang memeringatinya, substansi dari peringatan tersebut mestilah pada akhirnya harus bermuara pada dorongan untuk membaca secara lengkap sejarah hidup Nabi Muhammad SAW.

Hari ini, buku-buku tentang sejarah Nabi Muhammad sangat banyak dan mudah untuk didapatkan di toko-toko buku. Beberapa buku sejarah hidup Nabi Muhammad SAW yang cukup popular seperti, Sirah Nabawiyahdari Ibnu Hisyam, atau Sirah Nabawiyyah dari Al-Mubarakfuri, Sejarah Hidup Muhammad dari Husein Haekal pun bisa jadi pilihan, di samping tentu buku-buku Sejarah Nabi Muhammad SAW dari penulis-penulis lainnya. Dengan demikian, wajib hukumnya bagi seorang yang mengaku sebagai Muslim untuk membaca Sirah Nabawiyah.  

Lebih jauh dari itu, membaca sejarah hidup Nabi Muhammad SAW itu berkaitan juga dengan aqidah kita sebagai seorang Muslim. Membaca sejarah hidup Nabi Muhammad SAW adalah menjadi bukti awal bahwa kita benar-benar dan sungguh-sungguh mengimani beliau sebagai Nabi dan Rosul Allah SWT.

Syahadat kita terdiri dua kalimat. Pertama, persaksian bahwa tidak ada Ilah yang berhak diibadahi kecuali Allah. Kedua, persaksian Muhammad sebagai Nabi dan Rosul Allah. Syahadat ini tidak bisa dipisah-pisah. Jika kita hanya beriman kepada Allah sedangkan kepada Nabi Muhammad SAW tidak, maka keislamannya tidak sah.

Dan perlu diingat juga adalah, sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW tidak hanya cukup dibaca tapi juga harus dipahami, dan diamalkan. Sebagai Muslim kita jangan kalah oleh orang-orang non-muslim yang lebih semangat belajar dan membaca tentang sejarah hidup Nabi Muhammad SAW.

Bahkan tidak sedikit ada yang sudah menulisnya menjadi sebuah buku, walaupun apa yang mereka lakukan dihadapan Allah SWT barangkali tidak ada gunanya, kalau mereka (non-muslim yang membaca dan menulis buku Sirah Nabawiyah) sampai akhir hidupnya itu tidak mengimani kenabian Muhammad SAW. Wallahu’alam bis showab. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Cinta Yatim Mujahid Aksi Bela Islam 411, Ayo Bantu Keluarga Yatim Saili bin Utom.!!

Cinta Yatim Mujahid Aksi Bela Islam 411, Ayo Bantu Keluarga Yatim Saili bin Utom.!!

Sudah 2 tahun Fadilah dan Reza hidup sebagai anak yatim. Sang ayah, Saili bin Utom gugur dalam Aksi Bela Islam GNPF MUI pada 4 November 2016, membela Kitab Suci Al-Qur'an yang dilecehkan Gubernur...

Bedah Rumah Markas Pengajian Ustadz Wahyudin Rampung 75 Persen, Biaya Kurang 14 Juta Rupiah, Ayo Bantu.!!

Bedah Rumah Markas Pengajian Ustadz Wahyudin Rampung 75 Persen, Biaya Kurang 14 Juta Rupiah, Ayo Bantu.!!

Pembangunan rumah korban banjir Tasikmalaya ini masih butuh dana 14 juta rupiah untuk. Rumah ini sangat dibutuhkan warga sekitar untuk menimba ilmu agama, ibadah, aqidah, tajwid, tahfizh, akhlaq...

[Program Infaq Cerdas] IDC Salurkan Beasiwa 6,3 Juta kepada Santri Muallaf di Pesantren

[Program Infaq Cerdas] IDC Salurkan Beasiwa 6,3 Juta kepada Santri Muallaf di Pesantren

Di dalam harta kita terdapat hak orang lain, maka wajib hukumnya bagi umat Islam untuk mengeluarkan zakat. Di dalam zakat itu ada senyum masa depan fakir miskin yatim dan dhuafa....

Ayo Dukung Reuni 212 Bela Islam, Tebar 10.000 Makanan & Minuman Siap Saji!

Ayo Dukung Reuni 212 Bela Islam, Tebar 10.000 Makanan & Minuman Siap Saji!

Reuni Akbar Mujahid 212 akan digelar di Monas, Jakarta Pusat. Relawan IDC yang sejak awal membersamai Aksi Bela Islam 212, insya Allah kembali turun ke gelanggang dengan menerjunkan Tim Medis...

Dukung Reuni 212 Bela Islam, Ayo Tebar 10.000 Makanan & Minuman Siap Saji!

Dukung Reuni 212 Bela Islam, Ayo Tebar 10.000 Makanan & Minuman Siap Saji!

Reuni Akbar Mujahid 212 akan digelar di Monas Jakarta Pusat. Relawan IDC yang sejak awal membersamai Aksi Bela Islam 212, insya Allah kembali turun ke gelanggang dengan menerjunkan Tim Medis...

Latest News
Grace dan PSI Tolak Poligami, Partai Gerindra: Gak Usah Urusi Urusan Orang Islam

Grace dan PSI Tolak Poligami, Partai Gerindra: Gak Usah Urusi Urusan Orang Islam

Senin, 17 Dec 2018 08:15

Komnas Perempuan Sebut Poligami Bukan Ajaran Islam, MUI: Pernyataan Menyesatkan

Komnas Perempuan Sebut Poligami Bukan Ajaran Islam, MUI: Pernyataan Menyesatkan

Senin, 17 Dec 2018 08:06

Menyoal Toleransi di Sistem Demokrasi dan Islam

Menyoal Toleransi di Sistem Demokrasi dan Islam

Ahad, 16 Dec 2018 23:50

Bekali Liburan dengan 7 Tips Ini agar Barakah

Bekali Liburan dengan 7 Tips Ini agar Barakah

Ahad, 16 Dec 2018 23:16

Menkominfo Ingin Tinggalkan Internet Lemot

Menkominfo Ingin Tinggalkan Internet Lemot

Ahad, 16 Dec 2018 22:00

Imagine Their Korea

Imagine Their Korea

Ahad, 16 Dec 2018 21:53

Hasil Penelitian: Ibu yang Menyusui Lama Lebih Rendah Terkena Penyakit Hati

Hasil Penelitian: Ibu yang Menyusui Lama Lebih Rendah Terkena Penyakit Hati

Ahad, 16 Dec 2018 21:05

Pakistan Panggil Duta Besar Iran Terkait Pembunuhan 6 Pasukan Mereka di Perbatasan

Pakistan Panggil Duta Besar Iran Terkait Pembunuhan 6 Pasukan Mereka di Perbatasan

Ahad, 16 Dec 2018 20:45

Suara Kardus

Suara Kardus

Ahad, 16 Dec 2018 20:40

Pemberontak Syi'ah Houtsi Jarah Pelabuhan Hodeidah Menjelang Penarikan Mundur Pasukan

Pemberontak Syi'ah Houtsi Jarah Pelabuhan Hodeidah Menjelang Penarikan Mundur Pasukan

Ahad, 16 Dec 2018 20:30

Hamas Pamer Roket Baru Saat Peringatan Ulang Tahun Pendirian ke-31

Hamas Pamer Roket Baru Saat Peringatan Ulang Tahun Pendirian ke-31

Ahad, 16 Dec 2018 20:00

Dibonceng Gojek, Prabowo Hadiri Kopdar Ojek Online di Sentul

Dibonceng Gojek, Prabowo Hadiri Kopdar Ojek Online di Sentul

Ahad, 16 Dec 2018 20:00

Menang dengan Curang

Menang dengan Curang

Ahad, 16 Dec 2018 19:38

Nigeria Larang Unicef Beroperasi, Tuduh Badan PBB untuk Anak itu Jadi Mata-mata Boko Haram

Nigeria Larang Unicef Beroperasi, Tuduh Badan PBB untuk Anak itu Jadi Mata-mata Boko Haram

Ahad, 16 Dec 2018 19:31

Parlemen Asia Pasifik Intensifkan Perjuangan Kemerdekaan Palestina

Parlemen Asia Pasifik Intensifkan Perjuangan Kemerdekaan Palestina

Ahad, 16 Dec 2018 19:15

Rekor! 2018 Tahun Terbanyak Kepala Daerah Jadi Koruptor

Rekor! 2018 Tahun Terbanyak Kepala Daerah Jadi Koruptor

Ahad, 16 Dec 2018 19:06

Curahan Hati Maimon tentang Haters hingga Masa Depan Anak-Anak

Curahan Hati Maimon tentang Haters hingga Masa Depan Anak-Anak

Ahad, 16 Dec 2018 18:55

Kiai Cholil: Komnas Perempuan Bubarkan Saja

Kiai Cholil: Komnas Perempuan Bubarkan Saja

Ahad, 16 Dec 2018 18:55

Ahok dan Budaya Hoak

Ahok dan Budaya Hoak

Ahad, 16 Dec 2018 18:36

Merawat Spirit 212, Momentum Kebangkitan Islam

Merawat Spirit 212, Momentum Kebangkitan Islam

Ahad, 16 Dec 2018 18:33


Reseller tas batam

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X